Powered By Blogger Tontonan Bocah Retro (Film Kartun Jaman Dulu) | Debrian Ruhut Blog

Selasa, Mei 15

Tontonan Bocah Retro (Film Kartun Jaman Dulu)


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Masih ingatkah sobat film-film waktu zaman SD atau SMP dulu? Berapa banyak film kartun zaman dulu yang masih sobat ingat? Saya sendiri waktu masih SD kelas 2, sekitar tahun 1996, ada beberapa film kartun anak-anak yang menjadi langganan tontonan saya. Beberapa yang masih eksis seperti Doraemon, Sinchan, Dragon Ball, masih sempat saya lihat ada di TV sampai sekarang ini. :P Kalau saya ingat-ingat lagi, ternyata masih banyak lagi film kartun jadul yang pernah menghiasi imajinasi masa kanak-kanak saya dan sobat sekalian. Maklum sudah lama melewati masa anak-anak, banyak yang sudah tidak ingat judulnya satu per satu. Sekedar bernostalgia lagi, semoga sobat dan saya bisa mengenang kembali tontonan bocah retro zaman dulu. Berikut ini daftar film tontonan bocah retro tahun 90-an, yang saya dapatkan dari internet.

1. Doraemon
Film kartun yang satu ini sudah lama ada, bahkan sampai sekarang masih sering muncul di tv setiap hari minggu. Berbagai versi kartun doraemon juga bermacam-macam, mulai dari cerita petualangan sampai film layar lebar di bioskop. Bercerita tentang si Doraemon, kucing masa depan yang datang ke masa lalu di masa Nobita yang adalah kakek dari majikan doraemon. Ada juga tokoh lainnya seperti Shizuka, Suneo, Giant, Dekisugi, dll.


2. Power Ranger
Lima ranger (kadang ada 6 ranger) ada untuk menyelamatkan bumi dari monster jahat yang selalu datang silih berganti. Enggak tau kapan selesainya film ini, yang pasti setiap hari minggu (waktu saya kecil) monster-monster baru selalu bermunculan. hehe. Pemerannya ada jason, billy, kimberly, dll. Ada juga si Gordon yang tinggal di tabung dan robot Alpha.

3. Ksatria Baja Hitam (Kamen Raider) RX
Di tahun 90-an tokoh superhero Jepang Ksatria Baja Hitam (KBH) sangatlah populer di kalangan anak-anak. Film serial TV yang aslinya bernama Kamen Rider Black ini ditayangkan di salah satu stasiun swasta. Saya sudah lupa peran masing-masing ksatria, beberapa yang saya ingat, ksatria kedua dari kanan, bisa berubah jadi air, lalu baja hitam ketiga dari kanan  bisa berubah jadi api

4. Ikkyu-san
Kisah seorang biksu cilik yang cerdas, dimana ia hidup pada masa kekaisaran yang bisa dibilang labil. Ia selalu di cobai untuk memecahkan berbagai masalah. Ciri khasnya tidak lain sewaktu ia berpikir untuk mencari solusi, maka ia akan memutar jari-jarinya di atas kepalanya yang botak, dan Tring! ia mendapatkan solusinya.

5. Minky Momo
Film kartun ini berkisah tentang anak gadis kecil yang bisa berubah jadi dewasa. Dibantu oleh anjing kecil, ayam dan monyet peliharaannya yang super, mereka menjadi tim yang kompak dalam menyelesaikan masalah. Mamanya juga cantik, tapi papanya pendek dan gendut. :p


6. Sailor Moon
"Dengan kekuatan bulan...aku akan menghukummu!" Hohohooho...Kata-kata yang selalu keluar ketika wanita-wanita cantik dalam kartun ini akan berubah. Nama-nama pemerannya diambil dari nama planet dan bulan seperti moon, mars, pluto, venus, dll. Namanya anak-anak, dulu saya suka-suka aja sama film ini. Yang penting efek kartunnya keren. hoho


7. Dragon Ball
Dragon Ball bercerita tentang seorang bocah bernama Goku yang hidup di tengah gunung sendirian. Dia lalu bertemu dengan Bulma, seorang gadis muda jenius, yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib yang katanya bisa mengabulkan semua keinginan. Bola-bola tersebut dinamakan Dragon Ball.

Slogan yang terkenal ketika Goku mengeluarkan jurus ampuhnya, "Kameha meha!!" entah bahasa apa itu, yang pasti sering ditiru kebanyakan anak-anak pada masa itu, termasuk saya. :P

8. Chibi Maruko-Chan
Chibi Maruko-chan (ちびまる子ちゃん) adalah serial anime yang diangkat dari manga populer yang dikarang Momoko Sakura dan juga nama panggilan untuk tokoh utama berupa anak perempuan berusia 9 tahun kelas 3 SD. Kisahnya bertemakan komedi kehidupan sehari-hari anak SD berdasarkan pengalaman masa kecil pengarangnya.


9. Ultraman
Ultraman adalah serial tokusatsu produksi Tsuburaya Productions yang menampilkan tokoh pahlawan super bernama Ultraman. Serial ini merupakan serial kedua dalam Serial Ultra setelah serial tokusatsu Ultra Q, namun menjadi serial pertama yang menampilkan Ultraman. Seluruhnya terdiri dari 39 episode, serial ini pertama kali ditayangkan di jaringan televisi TBS, Jepang dari 17 Juli 1966 hingga 9 April 1967. Ultraman diciptakan oleh Eiji Tsuburaya dari Tsuburaya Productions, seorang pelopor efek khusus.

10. Hamtaro
Hamtaro

Tuk ku tuk lewat lorong sempit
Tuk ku tuk Hamtaro berlari
Apa yang paling dia senangi
Biji bunga matahari
Yaa Hamtaro berlari

Tuk ku tuk Hamtaro berlari
Hamtaro berputar di atas roda putarnya
Apa yang paling dia senangi
Biji bunga matahari
Yaa Hamtaro senang berputar

Tuk ku tuk hamtaro tidur
Hamtaro tidur di mana saja
Apa yang paling dia senangi
Biji bunga matahari
Yaa Hamtaro tidur
 

Apalagi coba film kartun zaman dulu yang belum saya list di sini? Sobat bisa ingat-ingat lagi film yang mungkin terlewat di memori kita. Ok, klo blum dapet, saya kasih lagi listnya film kartun jadul yang pernah ada di layar tv sobat sekalian waktu masih kecil dulu.
  • Carranger
  • Mojacko
  • Wedding Peach
  • Ranma 1/2
  • Bakabon
  • Conan Meitantei
  • Hey Arnold!
  • Captain Tsubasa
  • Ghost At School
  • Slamk Dunk
  • Hachi Bee

Masih kurang sobat? mau yang lebih jadul? ini dia daftar film kartun yang bisa dibilang mbahnya film kartun di Indonesia.
1. Voltron, defender of the universe
http://img402.imageshack.us/img402/8163/voltronq.jpg

2. Teenage Mutant Ninja Turtles atau Kura-kura Ninja
http://img29.imageshack.us/img29/7458/teenagemutantninjaturtlk.jpg

3. Spaceghost
http://img832.imageshack.us/img832/2839/spaceghost.jpg

4. Silver Hawk
http://img808.imageshack.us/img808/7672/silverhawk.jpg

5. Phantom
http://img843.imageshack.us/img843/1609/phantoms.jpg

6. He Man
http://img405.imageshack.us/img405/9494/hman.jpg

7. Galaxy Rangers
http://img232.imageshack.us/img232/1848/galaxyu.jpg

8. Flash Gordon
http://img204.imageshack.us/img204/6474/flashgordons.jpg

9. Centurion
http://img593.imageshack.us/img593/7560/centurionz.jpg

10. THE M.A.S.K
http://geek-news.mtv.com/wp-content/uploads/2011/03/mask_logo.jpg

Ok, saya rasa cukup daftar film jaman dulu yang saya list di atas. Mungkin beberapa film kartun tersebut tidak saya ikuti jalan ceritanya, yang penting film tersebut, sudah sangat memberikan hiburan yang menyenangkan sewaktu kecil. Dengan film tersebut, kita menjadi termotivasi untuk menjadi sama dengan karakter di film kartun itu, kecuali untuk film-film kartun aneh yang mungkin kadang tidak mendidik seperti Sinchan ataupun tingkah konyol SpongeBob. hoho. Inti dari film kartun tersebut sebenarnya sama, yaitu membantu kita menemukan jati diri kita, serta mengajarkan kita moral-moral yang baik untuk saling menolong dan menjadi pahlawan bagi sesama kita. Semoga memberikan manfaat bagi sobat sekalian, Sekian dan Salam Blogger! :D

Referensi: Internet

Judul Artikel: Tontonan Bocah Retro (Film Kartun Jaman Dulu)
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2012/05/film-kartun-jaman-dulu-jadul.html?m=1
Jangan lupa untuk membagikan artikel Tontonan Bocah Retro (Film Kartun Jaman Dulu) ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |