Minggu, Juli 17

Lebih Kritis Sebelum Download Game Pokemon GO


Artikel Penting | Catatan Pengetahuan | Tulisan Bebas - Selamat hari minggu Sobat setia blog ini. Sekarang ini kita melihat sedang ramainya orang berbicara dan mecoba satu permainan yang fenomenal di smartphone, apa lagi kalau bukan Game Pokemon GO! Semua kalangan tidak lepas anak-anak ataupun orang dewasa dengan semakin gencarnya pemberitaan pro kontra game ini, semakin penasaran untuk mencoba. Saya sendiri ada di posisi yang netral alias tidak begitu tertarik ataupun penggemar game sekali. Momen ini saya manfaatkan untuk melakukan review dan menuliskannya secara objektif apa dan bagaimana game pokemon GO yang perlu Sobat ketahui dari pengalaman saya menginstal game ini.

Sebagai pengenalan awal, Pokemon Go! adalah game berbasis 'Augmented Reality' untuk iOS dan Android, di mana para pemain harus bergerak di dunia nyata untuk menangkap Pokemon (Pocket Monster). Pokemon sebetulnya sudah populer di kalangan pecinta video game, anime, serta trading card, sebagai sebuah karakter dengan monster dan makhluk yang lucu, namun punya kekuatan bertarung yang unik. 

Apa yang saya soroti bukan tentang permainan Pokemon GO itu sendiri. Namun, seperti yang mungkin banyak diberitakan beberapa media luar negeri, bahwa game Pokemon Go seperti memiliki maksud terselubung yaitu seperti aktivitas mata-mata. Ini bukan tanpa alasan, sebab bila Sobat pertama menginstal aplikasi ini, maka pada setting permision, dapat dilihat beberapa permintaan izin yang tidak masuk akal dan terlampau melebihi batas. Coba lihat hasil screenshoot settingan permision yang saya ambil.
  1. Game Pokemon Go akan meminta akses mengambil Foto dan Video. Game ini akan memiliki akses untuk mengambil video dan gambar sesuai kebutuhannya.
  2. Game Pokemon Go akan meminta akses terhadap lokasi GPS secara akurat. Ini memang terkait dengan game itu sendiri yang berbasis lokasi, namun bila kita cermati, maka lokasi yang kita izinkan share akan membuat data kita termonitor dengan akurat sampai pada koordinat tempat kita berada.
  3. Game Pokemon Go akan meminta akses terhadap data aktivitas kita menggunakan smartphone.
  4. Game Pokemon Go akan meminta akses untuk membaca, modifikasi dan menghapus data di SD Card smartphone sobat! Terlalu berlebihan menurut saya, karena kebanyakan aplikasi biasanya tidak memerlukan akses yang berlebihan ke data-data smartphone apalagi ini sampai memiliki akses ke SD Card. Aplikasi ini dapat saya menuliskan script program untuk mencuri data privasi Sobat, menghapus dan memodifikasi data tersebut.
  5. Game Pokemon Go akan meminta akses penuh untuk menemukan akun-akun yang terdaftar di smartphone, misalnya akun google, gmail, yahoo, google drive, dropbox, dan akun lainnya yang sangat sensitif dan privasi.
  6. Game Pokemon Go akan meminta akses penuh jaringan yang tersambung ke smartphone baik itu dari internet, atau koneksi lainnya, serta dapat mengakses data pembayaran dari Google Play Sobat.
  7. Game Pokemon Go akan meminta akses penuh pada pengaturan bluetooth, dan koneksi bluetooth yang pernah tersambung ke smartphone.
  8. Game Pokemon Go akan meminta akses ke kontrol getaran dan mencegah smartphone masuk sleep mode ketika sedang bermain.
Dengan maraknya pemberitaan, Game Pokemon Go ini malah semakin ramai dan semua orang berlomba-lomba mendownload dan memainkannya. STOP bila Sobat tidak ingin di bohongi. Game ini menurut saya sangat berbahaya diluar kejadian-kejadian yang terjadi akibat memainkannya. Memang pengaturan permision seperti itu dapat ada pada berbagai aplikasi yang kita instal. Oleh karenanya kita seharusnya yang lebih kritis dalam memilih aplikasi yang hendak kita instal. Selalu cek permision yang diinginkan aplikasi, dan bila itu terasa mencurigakan dan tidak patut untuk diberikan akses, maka lebih baik tidak perlu diinstal. Selain berbahaya terhadap data privasi Sobat, berbahaya juga terhadap dampak dari permainan itu (seperti kecanduan).
Beberapa kejadian aneh yang saya temui tidak hanya pada saat menginstal dan menjalankan aplikasi. Pada saat menjalankan aplikasi mungkin Sobat akan menemui bahwa aplikasi ini sangat lama sekali loadingnya, bahkan untuk hp smartphone dengan spesifikasi yang tinggi. Kecurigaan saya adalah bahwa saat loading tersebut, aplikasi sedang melakukan scaning dan pemindaian terhadap data-data di smartphone Sobat, dan mengirimkan ke suatu server sebagai tempat penampungan data.

Lalu apakah setelah saya instal aplikasi tersebut sudah langsung terhapus? Lagi-lagi saya menemui hal yang aneh sejak saya menginstal dan menguninstal aplikasi Pokemon Go. Ketika hendak membersihkan ram aplikasi yang jalan di belakang (Background Program), saya menemui aplikasi yang tidak tertulis namanya, namun tetap berjalan di background. Dengan bantuan cleaner, aplikasi tersebut dapat secara Paksa dimatikan.

Kesimpuannya, Sobat tetap memiliki opsi apakah akan menginstal aplikasi ini atau tidak. Saran saya lebih baik tidak usah sama sekali. Karena sekali Sobat menginstal aplikasi ini, maka smartphone seperti sudah terjangkiti oleh aplikasi tersembunyi yang tetap jalan tanpa sepengetahuan kita. 
Dibalik wajah imut game Pokemon GO, terdapat niat-niat jahat yang siap menerkam Sobat (lebay -_-) Sok atuh, kalau emang ngerasa tidak ada yang perlu dikuatirkan. Itu adalah kebebasan Sobat.. :)

Salam.

Judul Artikel: Lebih Kritis Sebelum Download Game Pokemon GO
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2016/07/lebih-kritis-sebelum-download-game-pokemon-go.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Lebih Kritis Sebelum Download Game Pokemon GO ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |