Rabu, November 2

5 Startup Fintech HOT di Indonesia


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Tahun 2016 menjadi tahun bangkitnya teknologi di bidang keuangan atau yang sering disebut dengan financial technology. Saya sendiri sebagai pengguna internet sejak 2009 melihat perubahan yang besar dalam hal transaksi keuangan di dunia maya. Awal mula saya mengenal pembayaran melalui Paypal yang merupakan satu-satunya teknologi keuangan yang saya tahu. Dulu orang berlomba-lomba membuat akun di paypal dan tantangan terbesar saat itu adalah bagaimana membuat akun paypal kita terverifikasi. Tujuannya tidak lain adalah membuka akses ekonomi yang lebih lancar dalam menerima dollar dari luar negeri. Saat ini membuka akun paypal dengan status terverifikasi tidaklah susah dengan adanya virtual kartu kredit (VCC). Saya salah satu yang memakai tool virtual kartu kredit untuk membuat akun paypal saya terverfikasi. Cepat dan Mudah.

Di Indonesia saat ini, pergerakan dalam membangun usaha di bidang startup semakin meningkat. Anak-anak SMA, SMK atau mahasiswa kuliahan yang mengerti bahasa pemrograman dapat membuat suatu aplikasi dari suatu ide yang muncul dalam benak masing-masing. Beberapa belum bisa dikatakan sebagai startup walau pencipta aplikasi tersebut bersihkeras menganggap dirinya seorang "CEO" atau owner dari aplikasi yang dibangunnya. Hal itu sah saja sebagai bentuk apresiasi diri atau kebanggaan dalam menciptakan suatu produk yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan. Menurut saya, suatu produk bisa dikatakan sebagai startup apabila produk yang dibuat tersebut memiliki manfaat yang luas dan dapat menutup gap permasalahan yang belum bisa terpecahkan. Kalau mau diberikan contoh akan ada beberapa list startup yang saya ambil:

1. Doku.com, berdiri pada tahun 2007 oleh PT Nusa Satu Inti, Doku menjadi penyedia layanan pembayaran elektronik terbesar dan paling berkembang saat ini. Bisa dibilang Doku merupakah paypalnya Indonesia yang dapat digunakan di lebih dari 800 merchan bisnis di Indonesia. Di Doku saya mendapati satu fitur yang paling disukai para importir produk china yaitu doku menjadi salah satu opsi pembayaran di situs alibaba.com atau aliexpress.com. Jadi Sobat yang mau import barang dari luar negeri dalam partai besar, tidak masalah akan pembayaran, karena Doku sudah terintegrasi dengan alibaba.

2. Cekaja.com, merupakan sebuah portal layanan informasi dan perbandingan yang netral dan tepercaya untuk membantu masyarakat Indonesia membuat keputusan finansial yang cerdas. Melalui portal informasi dan perbandingan finansial terbesar dan terlengkap di Indonesia ini, Sobat bisa mendapatkan produk kredit dan pinjaman berbunga murah. Hasil perbandingan produk kredit dan pinjaman yang ditampilkan sangat lengkap dan sesuai kebutuhan. Segala perbandingan menampilkan segala kelebihan dan keuntungan yang bisa Sobat dapatkan dari produk yang dipilih. Contohnya kartu kredit, hasil perbandingannya akan menampilkan diskon dan promo terbaik dari masing-masing kartu kredit.

3. Bareksa.com, adalah marketplace reksa dana online terintegrasi pertama di Indonesia, yang bernaung di bawah PT Bareksa Portal Investasi yang didirikan pada tanggal 17 Februari 2013. Portal ini, selain menyediakan platform untuk melakukan jual-beli reksa dana secara online, juga memberikan layanan data, informasi, dan alat investasi reksa dana, saham, obligasi, dan lainnya, untuk memudahkan masyarakat berinvestasi. Produk yang dihasilkan oleh bareksa.com antara lain Data Market, Alat Investasi, dan Marketplace Reksa Dana.

4. Jurnal.id, merupakan software akuntansi buatan lokal yang berbasis cloud. Diluncurkan pada Januari 2015 oleh Daniel Witono dan Anthony Kosasih, Jurnal.id menargetkan pasar bagi pemilik bisnis berskala kecil dan menengah (UKM) dalam membantu menyederhanakan proses pembukuan dan akuntansi. Saat ini sudah lebih dari 2000 pengguna aktif dan rencana jangka pendek jurnal.id adalah untuk mempermudah kolaborasi antara konsultan akuntansi atau perpajakan dengan membangun feature dalam mengotomatisasi rutinitas akuntan serta dalam perhitungan dan penyiapan perpajakan.

5. Veritrans.co.id, adalah perusahaan baru di Indonesia yang mempermudah sistem pembayaran online bagi e-commerce. Veritrans menawarkan jasa bagi semua e-commerce di Indonesia, mulai dari startup yang sedang berkembang hingga perusahaan bertaraf multi nasional untuk memiliki sistem pembayaran online yang mumpuni. Perusahaan kami merupakan grup dari Midtrans yang terdiri dari; midPlaza, netprice.com, dan Veritrans. Di Jepang sendiri, Veritrans merupakan penyedia payment gateway online terbesar. Yang membedakan antara Veritrans dengan payment gateway lainnya, yakni biasanya dengan payment gateway yang lain merchant disuguhkan perjanjian kerja sama sebanyak dua kali, satu dengan bank satu dengan payment gateway. Sedangkan Veritrans hanya menyuguhkan satu kali perjanjian kerja sama.
Demikian sedikit informasi mengenai startup fintech yang sedang berkembang dan potensial di Indonesia. Mungkin Sobat memiliki referesi lain yang lebih bersinar saat ini, silakan memberikan komentar di kotak bawah. Terima kasih :)

Judul Artikel: 5 Startup Fintech HOT di Indonesia
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2016/11/berkembangnya-startup-fintech-di-indonesia.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel 5 Startup Fintech HOT di Indonesia ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |